Selasa, 01 Desember 2009

Banten Bergolak 1945

Islam dan kaum Muslimin punya peranan yang tidak main-main dalam perjalanan bangsa ini. Datang sejak abad pertama Hijriah berkembang hingga kini, Islam memberikan inspirasi yang besar dalam mengantar bangsa Indonesia menjadi Negara Kesatuan.

Sejak terbentuknya Komunitas Muslim Nusantara beberapa abad lalu, para pemuka Islam di negeri ini tidak pernah berhenti berfikir dan berjuang untuk memajukan bangsanya terutama melepaskan dari belenggu tirani penjajah. Umat Islam senantiasa siap sedia mengorbankan harta, benda bahkan jiwanya demi mencapai kemerdekaan dan kesejahteraan masyarakat.

Apa yang terjadi saat Revolusi Kemerdekaan Indonesia (1945-1949) ? adalah merupakan bukti betapa besarnya perjuangan umat Islam negeri ini. Bahkan jauh sebelum itu, pada perang ‘Padri’ di Jawa Timur, perang Aceh, pemberontakan di Banten dan peristiwa pemberontakan – pemberontakan di zaman kolonial Belanda, peran serta ulama tidak dapat di abaikan begitu saja karena beliau berperan sangat penting pada setiap perlawanan bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar